Selasa, 06 Agustus 2013

DESA TOMBULILATO

SEJARAH DESA
Desa Tombulilato merupakan Desa pemekaran dari Desa Buata pada Tahun 2010. Nama Desa Tombulilato diambil dari nama kayu yang pada umumnya disebut kayu tombulilato dari para leluhur. Penduduk Desa Tombulilato terdiri dari beberapa etnis (Suku) yakni
1. Suku Atinggola
2. Suku Suwawa
3. Suku Gorontalo
4. Suku Bolangitang
5. Suku Bolango
6. Suku Bintauna
Dan masih ada sebagian besar suku-suku Atinggola dan suku Suwawa mendominasi Desa Tombulilato sampai dengan sekarang. Sejarah Pemerintahan Desa Tombulilato Karena masih pendeknya rentang perjalanan kepemimpinan di desa, maka sejarah pemerintahan Desa Tombulilato yang sampai pada penyusunan laporan ini dapat digambarkan dalam daftar dibawah ini :
NO N A M A T A H U N KETERANGAN
1. TAHIR TANGAHU 2010-2012
2. HARTONO DATAU 2012
3. YULIS TUNE 2012-2017
Sejarah Pembangunan Desa Tombulilato Pada Tahun 2010 Desa Tombulilato menjadi Juara 1 ( Satu ) Lomba Desa Tingkat Kecamatan dan pada tahun 2012 Desa Tombulilato mendapatkan Piala Bergilir Kecamatan Atinggola menjadi juara pertama lomba MTQ tingkat Kecamatan Atinggola, kemudian pada Tahun 2012 juga Bupati Gorontalo Utara H.Indra Yasin SH, MH memutuskan bahwa Hari Raya Ketupat Tingkat Kabupaten Gorontalo Utara dipusatkan di Desa Tombulilato.
2. Batas-batas Desa
Desa Tombulilato terletak di sebelah Timur dari Ibukota Kecamatan dengan luas wilayah ± 12.500 Ha pada ketinggian 40 – 60 m di atas permukaan laut (DPL). Suhu rata-rata harian berkisar antara 27°C sampai dengan 30°C. Curah hujan rata-rata 3.000 mm/tahun
Keadaan tipografi di dominasi oleh kemiringan 25 – 50° dengan jenis tanah yang sering mengalami erosi, sedangkan kondisi dan struktur utama geologi adalah patahan yang berpotensi menimbulkan gerakan tektonik sehingga menyebabkan rawan bencana alam seperti gempa bumi, gerakan tanah, erosi serta pendangkalan dan banjir.
Desa Tombulilato terbagi menjadi 4 (Empat) dusun, yaitu Dusun Tombulilato, Dusun Moango, Dusun Andagile dan Dusun Sentral..
Wilayah Desa Tombulilato disebelah Utara berbatasan dengan Sungai Andagile/Kab Bolmong Utara, sebelah timur berbatasan dengan kabupaten bolmong utara, sebelah selatan berbatasan dengan Kab.Bone Bolango/Desa Mongiilo, sebelah barat berbatasan dengan Desa Buata.
Dari segi orbitasi atau jarak desa dengan pusat Pemerintahan, jarak dengan Kecamatan Atinggola 9 km, jarak dengan Kabupaten Gorontalo Utara ± 56 km dan jarak dengan Provinsi Gorontalo ± 125 km. kenderaan umum yang digunakan sebagai sarana angkutan ke pusat pemerintahan adalah kenderaan bermotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar